Kenali Fibromyalgia dengan Gejala-gejala Ini
Sumber: Shutterstock.com

Serba-Serbi Sehat / 14 August 2013

Kalangan Sendiri

Kenali Fibromyalgia dengan Gejala-gejala Ini

Lori Official Writer
9768

Seorang Profesor ahli nyeri Pradit Prateepavanich asal Thailand, mengatakan bahwa fibromlyalgia memang masih menjadi penyakit misterius sebab sulit menentukan penyebabnya.             

Biasanya dokter hanya akan memeriksa seluruh bagian sendi dan otot pasien serta menanyakan riwayat penyakit sebelumnya. Akibatnya, banyak orang yang mengalami berbagai gejala nyeri kronis tidak menyadari bahwa penyakit itu merupakan fibromyalgia.

Hampir semua orang pernah mengalami penyakit nyeri, kelelahan dan sulit tidur yang bersifat sementara. Akan tetapi, fibromyalgia sangat berbeda sebab penyakit ini terjadi secara berkepanjangan, kompleks dan menimbulkan nyeri yang sangat kronis.

Sejumlah gejala umum yang berikut dapat membantu Anda dalam membedakannya dengan penyakit lain, seperti:

Sakit kepala

Bagi penderita fibromyalgia, gejala sakit kepala akan cenderung lebih konstan atau selalu berulang. Dalam jangka waktu tertentu, nyeri kepala ini akan kembali lagi menyerang.

Masalah memori

Umumnya kurang tidur menimbulkan efek pada memori yaitu berkurangnya konsentrasi dalam berfikir. Namun untuk fibromyalgia,  dapat dikenali dengan terjadinya penurunan kemampuan saraf yang kronis  didalam menjalankan fungsinya sebagai sistem memori, emosi serta gerak.

Sakit nyeri di seluruh tubuh

Bila pada penyakit lupus dan artritis, rasa nyeri terasa secara meluas, maka pada fibromyalgia, nyeri akan terasa pada seluruh tubuh yaitu otot dan sendi dalam kurun waktu tertentu. Nyeri ini diibaratkan dengan memar yang terdapat disekujur tubuh.Gejala ini terjadi terus menerus hingga bertahun-tahun lamanya.

Perut mengalami Kram

Kram perut terjadi karena adanya kontraksi otot dan menimbulkan rasa nyeri dan kaku pada perut. Hal ini umumnya dapat dipicu oleh stress, perubahan hormon dan jenis makanan. Kram perut yang ditandai dengan sakit yang parah adalah gejala dari fibromyalgia.

Sakit nyeri pada kandung kemih

Fibromyalgia juga dikenali dengan timbulnya rasa nyeri pada kandung kemih dengan frekuensi tertentu.Biasanya menyerang bagian panggul disertai kebiasaan sering buang air kecil.

Insomnia atau sulit tidur

Insomnia dipercaya merupakan salah satu gejala penyakit ini sebab kekurangan tidur dapat menurunkan kadar serotonin sehingga meningkatkan rasa nyeri.

Bila Anda sering mengalami gejala-gejala diatas, maka segera periksakan diri ke dokter ahli nyeri untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik. Fibromyalgia merupakan penyakit serius yang dapat berdampak pada penurunan kualitas kehidupan Anda.  


Baca Juga Artikel Lainnya:

Tips Mengatasi Fibromialgia

Penelitia Temukan Petunjuk, Harapan Baru Bagi Penderita Fibromyalgia

Alami Fibromyalgia? Atasi Dengan Diet Makanan Ini

Waspada!Orang Jenius Rentan Terserang Skizofrenia Paranoid

Cegah dan Atasi Skizofrenia Dengan Makanan Sehat

Ucapan Terima Kasih Dari Orang Tak Dikenal

 

 

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami